Cara Mudah Transfer Blog WordPress ke Hosting Baru


Pindah hosting blog wordpress dari hosting lama ke hosting baru, bagi pemula biasanya akan mengalami kegagalan atau tidak langsung berhasil.  Banyak alasan sehingga kita harus pindah hosting. Misalnya hosting lama seringkali bermasalah karena server down, bandwith terkuras, menghabiskan kuota RAM & CPU, dan sebagainya.

Apapun penyebabnya disini akan bahas cra Migrasi Hosting khusus untuk CMS WordPress. Hal yang paling dikhawatirkan sebelum pindah hosting adalah saat selesai migrasi hosting, data hilang semua. berikut langkah-langkah praktis untuk berhasil.

1. masuk ke cpanel hosting lama anda lalu pilih file manager public_html kemudian pilih folder wp-content lalu klik kanan compress

2. jika sudah dicompress dalam bentuk .zip kemudian anda klik file terbut lalu klik kanan-download

3. selanjutnya kembali ke home lalu pilih menu backup lalu pilih download mysql backup, anda pilih database wordpress yang akan dibackup, untuk hasil backupnya berupa .sql.gz

4. selanjutnya masuk ke cpanel hosting baru anda, lalu masuk ke auto installer misal softcaulus lalu install wordpress.

5. kemudian back to home lalu masuk ke file manager dan hapus folder wp-content, kemudian upload backup wp-content yang berupa file .zip lalu ekstract.

6. langkah selanjutnya back to home lalu pilih phpmyadmin kemudian pilih database yang baru saat menginstall wordpress, kemudian centang semua table lalu klik tanda silang (drop),

7. langkah terakhir klik import lalu pilih browse dan masukkan backup database yang di hsoting lama berupa file .sql.gz

8. untuk transfer blog wordpress dari hosting lama ke hosting baru telah selesai, silahkan dicoba akses domain atau subdomain anda yang telah diinstall wordpress.

Penting: jika kita lupa menentukan Table Prefix ketika install CMS WordPress, maka solusinya adalah dengan merubah nama Table Prefix yang berada di file wp.config.php hosting baru dengan nama Table Prefix di hosting lama.

Terimakasih, semoga bermanfaat