Penyempurnaan Windows 8 Sudah Bisa Di Update

Microsoft Indonesia telah secara resmi mengumumkan kehadiran Windows 8.1 di Indonesia, bersamaan dengan jadwal rilis internasional pada 18 Oktober 2013. Sistem operasi terbaru Microsoft ini meluncur setelah kemunculan Windows 8 setahun yang lalu.

Sistem operasi teranyar dari Microsoft ini sudah bisa diunduh melalui situs resmi Microsoft mulai 17 Oktober 2013. Update Windows 8.1 tersedia gratis untuk pengguna Windows 8 dan bisa diunduh dari toko aplikasi Windows Store.

Windows 8.1 juga tersedia dalam paket DVD full-package untuk keperluan instalasi di komputer yang belum memiliki sistem operasi.

Paket box DVD ini akan dipasarkan oleh retailer rekanan Microsoft Indonesia seperti Bhinneka dan Pazia dengan harga dietentukanoleh retailer (belum ada harga resmi).

Memang harga paket Windows 8.1 bisa sedikit bervariasi antar pengecer dan kabar baiknya Microsoft Indonesia sedang merumuskan paket Windows 8.1 untuk pelajar.

Sebagai informasi tambahan, di pasaran internasional, DVD Windows 8.1 dijual seharga 120 dollar AS untuk versi reguler dan 200 dollar AS untuk versi Pro.

Windows 8.1 menyertakan sejumlah perubahan dibanding pendahulunya. Sistem operasi ini mengembalikan tombol “Start” yang sempat menghilang pada Windows 8. Perubahan lain mencakup opsi booting langsung ke desktop dan ukuran live tiles di Start Screen yang lebih bervariasi serta penambahan Skype sebagai aplikasi bawaan.

Tapi bagi yang sudah menginstal windows 8 bisa gratis update ke 8.1,  dengan ukuran file update bervariasi tergantung versi Windows 8 yang terpasang di komputer, tetapi secara rata-rata berkisar di angka 3,5 GB.

Proses upgrade akan tetap mempertahankan konfigurasi komputer, termasuk aplikasi yang telah terpasang dan dokumen-dokumen milik pengguna, meski backup tetap dianjurkan.

Adapun para pemakai OS Windows versi vista atau Windows 7 dikenakan biaya upgrade sebesar 120 dollar AS untuk Windows 8.1 versi reguler dan 199 dollar AS untuk Windows 8.1 Pro.

Windows 8.1 juga akan tersedia dalam bentuk DVD di toko-toko retail tertentu.

Windows 8.1 sendiri adalah update besar untuk sistem operasi Windows 8 yang diluncurkan setahun lalu.

Update Windows 8.1 juga akan memperbarui aplikasi-aplikasi bawaan windows seperti Mail, Calendar, dan Xbox Music. Ada pula aplikasi Health dan Fitness yang benar-benar baru.

Microsoft mengatakan bahwa perangkat Windows 8 yang dijual setelah tanggal 18 Oktober 2013 akan dilengkapi dengan Windows 8.1 secara default.