Aneka Bumbu Masakan Nusantara Wajib Diketahui

Aneka rempah-rempah yang menjadi bumbu masakan membuat citarasanya yang sedap dan mantap. Bumbu itu wajib diketahui oleh kita, supaya masakan menjadi lebih berasa mantap. kita mulai mengenali aneka bumbu rempah yang ada di buku resep.

ANGKAK

Masakan Indonesia tidak banyak yang memakai bumbu angkak. Biasanya angkak banyak digunakan untuk masakan Cina. Bumbu ini berasal dari beras ketan yang difermentasikan  dan kemudian dikeringkan. Angkak berwarna kemerahan dan sedikit kusam, angkak secara tradisional pun telah lama dimanfaatkan sebagai bumbu, pewarna dan obat, termasuk di antaranya adalah obat demam. Jika ingin menggunakan angkak sebagai pewarna sebaiknya  haluskan angkak bersama bumbu yang lain.

PEKAK / BUNGA LAWANG

Bunga lawang atau Kembang Lawang atau pekak adalah rempah yang memiliki rasa yang mirip dengan Adas manis. Rempah ini banyak digunakan di dalam masakan negara-negara Asia. Bunga lawang adalah salah satu bumbu tradisional masakan Cina yaitu ngo hiong.
Bunga pekak ini banyak dijumpai di daratan Cina. Tinggi pohon mencapai 8 meter dan baru berbuah pada usia 6 tahun.

Cara menggunakan bunga lawang sebagai bumbu masakan tidak perlu dihaluskan. Cukup dimasukkan bunga lawang tersebut ke dalam masakan atau di tumis terlebih dahulu bersama bumbu, lalu dimasak bersama daging sampai matang setelah itu langsung akan mengeluarkan aroma tajam dan sedap. Penggunaan bumbu bunga lawang  pada masakan tak perlu banyak, karena jika kebanyakan akan membuat masakan terasa pahit.

ADAS MANIS

Adas manis, atau istilah latinnya Pimpinella Anisum, merupakan sejenis tumbuhan yang berasal dari Laut Tengah dan juga Asia Barat. Tumbuhan ini memiliki tinggi hampir sekitar satu meter dengan bentuk daun sedikit menyirip menyerupai bulu. Adas manis ini berbentuk lonjong dengan panjang 3 sampai 5 mm.

Adas manis memiliki rasa yang sedikit manis dengan aroma yang sangat khas. Tak heran jika rempah ini sering digunakan sebagai bumbu penyedap pada beberapa jenis masakan, karena  bumbu masak ini dapat memperbaiki rasa masakan, adas manis juga sering digunakan untuk campuran salad dan bahan pengganti seledri untuk sup.

PALA

Pala (Myristica fragrans) merupakan tumbuhan berupa pohon yang berasal dari kepulauan Banda, Maluku. Biasanya pala digunakan sebagai bumbu dasar pada masakan. Dengan aromanya yang khas biasa digunakan untuk membuat semur. Cara penggunaannya dalam masakan adalah diiris, cukup sedikit saja, tidak perlu banyak-banyak karena pala ini memiliki aroma yang cukup tajam.

Selain digunakan untuk bumbu masakan, paka juga mempunyai manfaat bagi kesehatan. Diantaranya yaitu:
•    Mengobati insomnia (sulit tidur)
•    Mengobati pusing kepala
•    Menghilangkan jerawat dan noda
•    Mengatasi rasa mual, dan
•    Meringankan penyakit maag

KAPULAGA

Kapulaga adalah sejenis buah yang sering digunakan sebagai rempah (bumbu) untuk masakan tertentu dan juga untuk campuran jamu. Biasanya kapulaga banyak digunakan untuk bumbu  masakan seperti kari atau gulai, karena membuat rasa masakan tersebut menjadi lebih sedap.

SERAI

Serai atau sereh adalah tumbuhan anggota suku rumput-rumputan yang dimanfaatkan sebagai bumbu dapur untuk mengharumkan makanan sama halnya dengan daun salam. Cara penggunaan serai untuk memasak yaitu dengan dikeprak terlebih dahulu serainya sebelum digunakan atau dicampurkan dengan bahan masakan yang lain.

Serai memiliki manfaat bagi kesehatan, seperti:
•    Menurunkan tekanan darah
•    Mengobati gangguan pencernaan
•    Mencegah penyakit kanker
•    Memperindah kulit

ASAM JAWA

Asam jawa, asam atau asem adalah sejenis buah yang masam rasanya, biasa digunakan sebagai bumbu dalam banyak masakan Indonesia sebagai perasa atau penambah rasa asam dalam makanan.

Asam jawa memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan, antara lain yaitu:
•    Menjaga kesehatan pencernaan
•    Menjaga kesehatan jantung
•    Menjaga sirkulasi oksigen tetap optimal
•    Menjaga fungsi saraf
•    Menjaga berat badan
•    Mengontrol diabetes, dan
•    Menjaga kekebalan tubuh

Cara menggunakan asam jawa yang benar dalam memasak adalah dengan menggunakan air asamnya saja, caranya yaitu rendam dalam air hangat, aduk lalu saring. Namun tidak ada salahnya juga jika ingin menggunakannya langsung secara utuh. Asam jawa juga berfungsi untuk memberi rasa masakan menjadi lebih mewah. Yang banyak digunakan dan dijual di pasaran adalah asam yang sudah tua tanpa kulit dan tahan lama jika disimpan dalam wadah tertutup.

MERICA

Merica adalah salah satu bumbu dapur yang menjadi favorit para ibu rumah tangga. Rasanya yang pedas segar itu kerap membuat makanan terasa begitu menggugah selera.Biasanya merica digunakan dalam masakan ayam goreng, sayur sop, dan banyak lainnya.

Merica termasuk bumbu dapur yang harus dihaluskan terlebih dahulu sebelum digunakan. Jika ingin praktis saat memasak menggunakan merica, sekarang ini sudah banyak dijual merica bubuk di pasaran yang siap pakai.

Tunggu Update Bumbu lainnya.