Cara Membuat Mie Lebih Kenyal Bahan Alami

Cara membuat mie sendiri tidaklah sesulit yang dibayangkan. Karena bahan baku utama pembuat mie mudah didapatkan, termasuk tepung terigu protein tinggi. Harga tepung terigu yang terjangkau akan mempermudah Anda untuk membuat mie dalam jumlah banyak.  Selain harga tepung terigu yang terjangkau, kini informasi seputar tepung terigu juga sangat mudah diakses. Anda pun tak akan kesulitan lagi ketika akan belajar membuat mie.

website: https://www.pawonratifa.com
facebook: https://www.facebook.com/nasikotakdelivery
Blog: https://nasikotakcirebon.wordpress.com

Mie yang bertekstur kenyal dan tak mudah putus memang sangat lezat dan menggiurkan. Agar Anda bisa membuat tekstur mie yang kenyal tersebut, pelajari dulu tips-tipsnya berikut ini.

Garam pada Adonan Mie
Selalu tambahkan garam ke dalam adonan mie buatan Anda. Selain bermanfaat untuk memperkaya rasa, garam juga akan membantu pembentukan gluten dalam tepung terigu yang Anda gunakan sehingga tekstur mie Anda akan lebih kenyal.

Agar Adonan Lebih Elastis
Mencampurkan minyak goreng ke dalam adonan mie juga akan membantu adonan mie Anda jadi lebih elastis dan tak mudah putus. Jadi, tak ada salahnya menambahkan sedikit minyak goreng saat menguleni adonan mie.

Penyimpanan Adonan
Adonan mie segar biasanya hanya bertahan selama 6-8 jam di ruangan terbuka. Setelah lebih dari 8 jam, mie akan mulai mengering dan menjadi lembek ketika direbus. Agar hal ini dapat dihindari, simpanlah adonan mie Anda dalam wadah tertutup sehingga adonan tersebut tak mudah mengering. Namun, jika Anda ingin membuat persediaan adonan mie dalam jumlah banyak, Anda dapat menyimpannya di dalam wadah tertutup dan meletakkannya di dalam freezer. Cara ini dijamin ampuh untuk menjaga kualitas adonan mie Anda tetap baik sebelum dimasak.

Membuat adonan mie yang kenyal dan tak mudah putus tak begitu sulit, bukan? Selalu gunakan tepung terigu berkualitas agar hasil adonan mie sesuai dengan yang diinginkan. Namun, jangan tergoda dengan harga tepung terigu yang terlampau murah karena belum tentu tepung tersebut memiliki kualitas yang baik untuk dijadikan bahan baku makanan.