Kuliner dan Makanan

Cara Membuat Ragi Alami dan Manfaatnya Bagi Kualitas Roti

Banyak keunggulannya menggunakan ragi alami dibandingkan ragi instant. Ragi Alami hanya menggunakan mikroorganisme bermanfaat yang berasal dari bahan yang alami, bukan dari yeast buatan. Roti yang difermentasikan secara alami akan 100% sehat karena tidak ada bahan tambahan buatan.

Manfaat bagi roti dengan ragi biang, antara lain :

  1. Mudah dicerna
  2. Tekstur lebih lembut
  3. Umur simpan yang panjang tanpa pengawet
  4. Kaya rasa dan aroma
  5. Menyehatkan, para ahli melaporkan bahwa mikroorganisme dalam roti yang difermentasikan secara alami sangat efektif sebagai antikolesterol, antikanker dan antioksidan.

Ada beberapa buah lain yang bisa digunakan untuk membuat ragi alami:
1. Apel
2. Anggur
3. Manggis
4. Jambu Biji
5. Jeruk
6. Kurma
7. Pisang
8. Tomat
9. Stroberi
10. Tape
11.Kismis

RESEP MEMBUAT RAGI DARI KISMIS

Ragi berbahan kismis lebih sering digunakan karena selain mudah didapat, kismis memiliki kemampuan fermentasi yang kuat, serta tidak mudah terkontaminasi dibandingkan bahan pembuat ragi alami lainnya.

Bahan:

  • 100 g kismis
  • 250 ml air
  • 1-2 sdm gula/madu
  • Toples Tempat fermentasi

Cara membuat:
1. Sebelum digunakan Rebus toples dalam air mendidih dan keringkan.
2. Masukkan semua bahan ke dalam toples yang sudah steril. Tutup tapi jangan dikunci supaya tidak meledak jika proses fermentasi terjadi.

3. Aduk calon ragi sekali dalam sehari selama 1-3 hari. Jika larutan mulai berbusa banyak, jangan diaduk lagi.

4. Hari ke-4 sampai ke-6 larutan akan mengeluarkan banyak busa dan kismis mulai naik. ─░tu berarti ragi sudah siap. Calon ragi saya mulai berbusa di hari ke-5, mungkin karena saya memakai madu. Yang penting jangan terpaku pada hari tapi lihat kondisi calon ragi.

5. Saring dan ambil airnya untuk membuat ragi biang.

Aroma ragi akan seperti tape segar dan manis, terlihat koloni mikroorganisme berwarna putih di dasar toples, cairan ragi berasa tidak terlalu asam. Setelah proses ini selesai, saatnya kita membuat RAGI BIANG agar didapat ragi yang alami, lebih kuat dan lebih murni. Caranya gampang banget kok tinggal menambahkan air, tepung dan garam beberapa kali.Ragi biang ini bisa disimpan di lemari es selama 1 minggu.

Related Articles

Back to top button