Cara Mudah Mengurus e-KTP Hilang atau Rusak

Kartu Tanda Penduduk (KTP) sebagai  kartu identitas pengenal resmi penduduk Indonesia. KTP beredar berbentuk elektronik KTP (e-KTP) sejak 2011. Sebagai kartu identitas diri setiap warga negara Indonesia, e-KTP kini berbasis Nomor Induk Kependudukan (NIK) – yang memuat kode keamanan dan rekaman elektronik sebagai alat verifikasi dan validasi data diri penduduk.

NIK tertera pada e-KTP menjadi dasar identitas seseorang dalam penerbitan berbagai dokumen penting lainnya seperti Surat Izin Mengemudi (SIM), Paspor, Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), pengurusan perbankan, dan surat-surat penting lainnya.

Memiliki e-KTP wajib bagi semua penduduk Indonesia yang telah berusia 17 tahun, sudah atau pernah menikah. Sejak tahun 2013, e-KTP berlaku secara nasional dan seumur hidup. Artinya, e-KTP Anda tidak perlu diperpanjang walaupun masa aktif atau masa berlakunya telah usai.

Persoalan  bagaimana jika Anda terkena musibah kehilangan KTP? atau KTP versi non-elektronik Anda rusak? Apa yang harus dilakukan?

Jawabnya, Anda tidak perlu panik, tetap tenang. Pengurusan kembali KTP/e-KTP yang hilang atau e-KTP rusak tidak rumit. Pengurusan KTP baru karena alasan hilang/rusak bisa dilakukan di kantor kelurahan, kecamatan atau di kantor suku dinas kependudukan.

Payung hukum prosedur pengurusan kartu identitas hilang/rusak diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 25 Tahun 2008 tentang Persyaratan dan Tata Cara Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil.

Berikut cara lengkap, syarat dan hal yang perlu dilakukan untuk mengurus KTP yang hilang atau rusak:

Segera Laporkan Kehilangan e-KTP

Upayakan sesegera mungkin melaporkan kehilangan KTP ke kantor Kepolisian Sektor (Polsek) atau Kepolisian Resor Kota Besar (Polrestabes), sebaiknya Anda tidak mengurus surat kehilangan di kantor pos polisi kecil (Polsek). Kantor pelayanan laporan surat kehilangan di kepolisian setempat buka 24 jam, Anda bisa langsung datang kapan saja.

Cara mengurus surat lapor kehilangan e-KTP:

  • Datangi bagian pengaduan dan pelayanan masyarakat untuk meminta surat keterangan kehilangan dari pihak Kepolisian setempat.
  • Persyaratan yang harus di bawa saat melapor ialah fotokopi KTP/e-KTP (jika ada). Bisa juga mengat menyebutkan nomor induk KTP Anda. Sebaiknya, Anda memiliki salinan e-KTP, seperti fotokopi, maupun versi foto digital e-KTP di handphone. Hal ini akan memudahkan pengurusan surat kehilangan e-KTP.
  • Polisi akan meminta Anda menjelaskan tujuan pelaporan Anda seperti menceritakan kronologis kehilangan e-KTP. Selain itu, Anda juga diminta data diri seperti Nama Lengkap, Alamat, Jenis Pelaporan, Waktu Kejadian, dll.
  • Pelaporan kehilangan tidak dipungut biaya dan dapat diwakilkan.
  • Masa berlaku surat kehilangan sekitar 14 hari sejak tanggal penerbitan.

Semoga artikel ini membantu anda.