Cloud Hosting Murah Pasti Pilihan Tepat Hosting Cepat Mudah

Akan ada satu momen ketika website yang Anda miliki berkembang pesat: dikunjungi banyak pengguna, memiliki engagement yang tinggi, serta memiliki angka konversi dan transaksi yang besar. Di titik itulah, Anda perlu memikirkan untuk upgrade layanan web hosting. Hal ini sangat penting untuk memastikan website Anda tetap bisa diakses dengan cepat. Pilih cloud hosting menyajikan layanan hosting yang lebih mudah dan tidak terlalu teknis dibandingkan dengan VPS.

Cloud hosting merupakan versi lebih “lengkap” dari shared hosting. Cloud hosting menggunakan beberapa server sekaligus. Hal ini akan menyeimbangkan load website dan memaksimalkan uptime server. Dengan cara kerja macam ini, cloud hosting menjaga website Anda tetap online dan tidak down.

Untuk tahu lebih lanjut soal cara kerja cloud hosting, Anda bisa baca artikel Apa Itu Cloud Hosting. Sebab, kali ini kita akan lebih banyak membahas keuntungan cloud hosting untuk webiste. Di samping itu, kami juga akan membantu Anda memastikan apakah cloud hosting merupakan layanan yang sesuai dengan kebutuhan website Anda.

Keuntungan Menggunakan Cloud Hosting

Dibandingkan jenis layanan web hosting lain, cloud hosting memiliki sejumlah kelebihan. Di bagian ini kita akan mengupas tuntas semua manfaat cloud hosting bagi website Anda.

1. Website selalu online dan cepat diakses
Cloud hosting memiliki kemampuan yang setara dengan VPS. Ia menggunakan beberapa server sekaligus untuk menampilkan website. Hal ini membuat website tidak akan down meskipun diakses oleh pengguna dalam jumlah sangat banyak.

Dengan sistem yang sama, web hosting dalam bentuk cloud umumnya juga lebih cepat daripada layanan lainnya. Ini karena data hanya akan ditransfer dari server yang paling responsif. Jika ada ada gangguan di salah satu jaringan server, maka data akan ditransfer melalui server lainnya.

Jika boleh dianalogikan, cloud hosting ini bekerja mirip seperti mobil pribadi di jalan tol. Anda bisa dengan bebas melengang ke manapun, lewat jalur apapun. Dibandingkan dengan shared hosting yang diumpamakan kendaraan umum ─ Anda harus menunggu kendaraan diisi penumpang hingga penuh, sering berhenti untuk menurunkan penumpang, belum lagi terkena risiko mogok di jalan ─ layanan cloud hosting bisa dikatakan sebagai layanan eksklusif.

Baca juga: Borobudur News: Tetap Stabil Walau Hadapi Jutaan Pengunjung per Bulan

2. Kelola website secara mudah
Cloud hosting juga cukup mudah untuk dikelola. Ia memiliki berbagai opsi pengaturan dan pengelolaan website. Opsi yang diberikan pun sekilas mirip dengan yang ada di layanan shared hosting. Ini membuat pemilik website yang menginginkan upgrade ke cloud hosting tak perlu khawatir dalam mengelola websitenya.

Layanan cloud hosting tetap memiliki cPanel atau kontrol panel untuk mengatur segala hal teknis di dalam website. Selain itu, terdapat juga fitur WordPress management untuk konfigurasi auto update serta melakukan preview web sebelum online ke publik.

Bukan hanya itu saja, layanan cloud juga kompatibel dengan Laravel dan Web Packages. Dengan kedua software ini, Anda mampu mengembangkan aplikasi berbasis web dengan PHP.

Hal terpenting adalah Anda bisa menginstal platform yang dibutuhkan hanya dalam sekali klik. Ini karena layanan web hosting satu ini juga memiliki fitur auto installer. Lewat fitur inilah platform yang Anda inginkan ─ entah itu WordPress, Joomla, Laravel, Drupal, Weebly, dan lainnya ─ langsung siap digunakan.

3. Aman dari malware dan hacker
Untuk soal keamanan, Anda tak perlu ragu dengan performa yang diberikan cloud hosting. Layanan hosting ini siap mengatasi berbagai celah keamanan yang ada di website. Sebab, layanan cloud dilengkapi dengan berbagai fitur keamanan untuk menghalau malware dan hacker.

Setidaknya ada lima fitur keamanan yang langsung tersedia dalam cloud hosting Niagahoster. Pertama, CloudLinux OS. Adanya fitur ini menjaga Anda dari kebocoran data pribadi. Di samping itu, CloudLinux OS juga melakukan update PHP secara teratur untuk menjaga web dari celah keamanan yang tidak diinginkan.

Lalu, terdapat proteksi malware dan DDoS (Distributed Denial of Service). Proteksi malware diberikan dengan melakukan scan berkala untuk memastikan tidak ada malware di dalam website. Sedangkan untuk perlindungan DDoS, menjaga website dari serangan hacker.

Tidak hanya keamanan internal saja yang diurus, reputasi website juga perlu dijamin aman. Cloud hosting sudah termasuk dengan sertifikat SSL kelas dunia. Dengan sertifikat ini, website Anda dianggap aman oleh mesin pencari seperti Google. Ini kemudian akan membantu Anda meningkatkan reputasi dan ranking pencarian.

Tak lupa, layanan web hosting ini juga dilengkapi dengan backup dan restore data. Anda bisa mengatur jangka waktu yang diinginkan untuk melakukan backup data secara otomatis. Karenanya, Anda tak usah khawatir kehilangan data.