Ini Fakta Menarik dalam Secangkir Kopi Nikmat

Kafein, yang terkandung di dalam kopi dan teh, menstimulasi sistem saraf pusat, menghilangkan lelah, membuat Anda tetap terjaga dan meningkatkan konsentrasi dan fokus. Hmm, terdengar sempurna bukan? Namun, Anda perlu mengetahui hal-hal berikut ini:

Berapakah toleransi batas aman kafein bagi tubuh?

Mengkonsumsi kafein sebanyak 200-300 mg/hari atau setara dengan 2-4 gelas kopi/hari, merupakan batas aman yang dapat ditoleransi oleh orang dewasa yang sehat secara fisik.

Kafein dalam jumlah rendah dapat menimbulkan efek samping. Beberapa orang lebih sensitif terhadap kafein, bahkan jika hanya minum 1-2 gelas kopi atau teh dapat menimbulkan efek yang tidak diinginkan seperti: gelisah atau gangguan tidur. Orang yang jarang mengonsumsi kafein cenderung lebih sensitif terhadap efek negatif yang mungkin ditimbulkan. Faktor lainnya adalah berat badan, usia, obat-obatan yang dikonsumsi dan kondisi tertentu.

Bolehkah Saya Minum Obat Dengan Teh atau Kopi?

Terdapat jenis obat-obatan dan suplemen tertentu yang dapat berinteraksi dengan kafein. Berikut diantaranya:

  • Beberapa jenis antibiotik
    Antibiotik seperti ciprofloxacin dan norfloxacin dapat mengganggu kerja tubuh pemecahan kafein. Hal ini dapat mengakibatkan peningkatan durasi atau lama kafein yang tersisa dalam tubuh Anda dan meningkatkan efek samping yang tidak diinginkan.
    • Theophylline
      Theophylline, obat yang digunakan untuk melebarkan saluran nafas (salah satu jenis obat asma), memiliki efek yang serupa dengan kafein. Jika Anda mengkonsumsi obat ini bersamaan dengan makanan atau minuman yang mengandung kafein, maka dapat meningkatkan konsentrasi theophylline dalam darah. Hal ini dapat menimbulkan efek samping seperti: mual, muntah dan berdebar-debar.
    • Echinacea
      Suplemen herbal yang biasanya digunakan untuk menjaga kekebalan tubuh, jika dikonsumsi bersamaan dengan kafein dapat meningkatkan efek samping dari kafein.