Kawasaki Z1000SX Jago Kebutan

Kawasaki memang rajanya pemasok moge dan sportbike dunia. Masih satu line-up dengan Z1000SX 2014 terbaru, Kawasaki Ninja 1000 pun sama tangguhnya. Sepintas kita akan sedikit bingung membedakan antara Kawasaki Ninja 1000 dengan Kawasaki Z1000SX.

Beberapa sumber terpercaya menyebutkan bahwa keduanya merupakan produk identik yang didasarkan pada basic mesin dan beberapa bodywork yang memang sama hanya beda namanya saja.

Terlepas dari itu semua misteri kemunculan teaser Z1000SX 2014 di media seakan-akan kembali mengusik rasa penasaran kita pada saudara kembarnya yakni Kawasaki Ninja 1000 2013. Motorsport yang terlihat keren dan gahar, dikabarkan akan mengaspal di Indonesia.

Mesin Kawasaki Ninja 1000 2013 ini faktanya mirip dengan spesifikasi mesin Z1000SX. Dengan mesin bongsor 1000cc, Kawasaki Ninja 1000 2013 ini pantas saja banyak reviewer otomotif dunia memuja performa saat ia dipacu.

Dengan struktur bodywork yang sangat detail memperhitungkan aerodinamika, Kawasaki Ninja ini mampu menembus batas kenyamanan sebuah motor sport bermesin besar.

Mesin yang dirancang untuk memberikan tendangan tenaga pada range rendah-menengah, menjadikan Kawasaki Ninja 1000 2013 ini memiliki daya torsi puncak yang mengagumkan.

Menjadi khas hentakan torsi moge Kawasaki yang bermain di putaran mesin 7000 rpm, Ninja 1000 menjadi salah satu moge sport yang diperhitungkan di kancah otomotif dunia.

Kawasaki Ninja 1000 2013 ini memiliki data angka torsi puncak mencapai 110 Nm pada 7,800 rpm. Dengan konfigurasi crankshaft serta balancer andalan Kawasaki, mampu meningkatkan kestabilan dan performa sehingga getaran mesin mampu diminimalisir dengan optimal.

Besarnya kinerja mesin bongsor Ninja 1000 dalam menunjukkan performa gaharnya dapat ditunjang dari sistem pendingin udara yang maksimal disamping part pendingin cairannya.

Berada di antara rangka balok, airbox mampu memberikan kontribusi maksimal. Dengan desain moncong fairing yang aerodinamis, Ninja 1000 ini tak mengalami kendala dalam menyalurkan udara panas dari mesin.

Sebuah resonator yang tertanam di dalam airbox menjadikannya faktor terpenting dalam meredam kebisingan mesin pada rpm rendah sekaligus meningkatkan asupan suara pada rpm tinggi.

Salah satu yang menjadi daya tarik dari Kawasaki Ninja 1000 2013 ini yakni desain kanlpotnya yang terlihat sangat sporty. Dengan moncong yang keluar dari sisi kanan dan kiri kolong mesin mengesankan keseimbangan sempurna pada sosoknya.

Menggunakan sistem 4-into 2 (pre chamber)-into 2 dipercaya Kawasaki sebagai penunjang ganasnya tenaga yang dihasilkan mesin 1000cc-nya. Diakhiri dengan muffler quad-style berbobot masing-masing 3,5 kg yang didesain sangat futuristik mampu menyerasikan desain sporty bodywork-nya.

Menawarkan sensasi berkendara moge yang optimal, Ninja 1000 dibekali dengan salah satu keunggulannya yakni bobot yang ringan. Rangka Ninja yang berbahan aluminium yang kuat terakit dengan tingkat sentralisasi massa yang tepat menjadikannya nyaman dikendarai.

Rangka aluminium berkonfigurasi twin-tube dan balok menjadi holder kuat bongsornya mesin 1000cc. Hal inilah yang menjadikannya memiliki keamanan serta kenyamanan saat dikendarai disamping aspek tingkat ergonomi yang optimal. Sudut antara pijakan kaki, stang setir dan jok menyajikan posisi berkendara khas supersport.

Untuk sektor belakang, Ninja 1000 ini dibekali dengan suspensi horisontal dan model swing arm yang menawarkan kenyamanan saat dipacu kencang maupun saat melibas tikungan.

Dibekali dengan perangkat rem berteknologi ABS memberikan faktor keamanan yang tinggi pada Ninja 1000 2013 ini. Sedang untuk belakang, Ninja ini dilengkapi dengan double disc-brake layaknya fitur pada supersport kebanyakan lainnya.

Hal ini menjadikan kaliper terpasang lebih kuat yang akan meningkatkan kinerja rem secara optimal apalagi sudah dibekalinya Ninja ini dengan teknologi ABS. Singkatnya performa garang mesin Ninja saat dipacu seimbang dengan tingkat keamanan saat melakukan penghentian laju motor.

Kapasitas tangki Kawasaki Ninja 1000 2013 ini adalah 19 liter sehingga akan sangat cocok bagi Anda yang gemar melakukan kegiatan turing.

Dengan desain tangki yang dinamis dan sporty berpadu serasi dengan bodywork Ninja yang bergaya supersport ini. Desain yang mengusung estetika dan nilai aerodinamika ini berkonstruksi baja yang dilengkapi dengan penggunaan tas tangki magnet.