Perbedaan Membangun Rumah Jasa Kontraktor dan Mandor Tukang

Bila ingin membangun rumah anda akan dihadapkan 2 pilihan untuk menentukan siapa yang akan mengerjakan proyek bangunan rumah, bisa menggunakan jasa kontraktor bangunan atau mandor tukang bangunan.

Kontraktor sendiri biasanya merupakan orang atau suatu badan hukum maupun badan usaha yang dikontrak untuk menjalankan proyek pekerjaan berdasarkan isi kontrak yang sudah disepakati oleh pemilik rumah. Jasa kontraktor dahulu sering digunakan untuk proyek besar, seperti pembangunan real estate, gedung perkantoran, mall atau pusat perbelanjaan. Namun saat ini pembangunan atau renovasi rumah tinggalpun sebaiknya menggunakan kontraktor sehingga anda akan terbebas dari segala urusan manajemen tukang, penyediaan bahan bangunan dan lain-lain.

Bagaimana bila memakai jasa mandor tukang bangunan atau biasa disebut pemborong adalah beberapa pekerja yang sudah berpengalaman di bidang konstruksi bangunan rumah.  Berbeda dengan jasa kontraktor, mandor tukang bangunan atau pemborong tidak formal. Jasa pemborong umumnya dikelola secara individu dan seringkali tidak ada kesepakatan hitam di atas putih, perjanjian yang dibuat lebih ke dalam kesepakatan secara saling percaya. Maka anda pun secara aktif harus ikut menangani manajemen tukang, penyediaan bahan bangunan, dan lainnya.

Yang pasti harga pemborong bisa lebih murah dibandingkan kontraktor profesional bila anda paham dan jago dalam ilmu manajemen. Namun seringkali menjadi lebih mahal dan lebih lama karena anda tidak berpengalaman berhadapan langsung dengan para mandor tukang yang nakal dan tidak profesional yang mendpat proyek borongan dari anda.

Maka sekarang anda yang memilih menggunakan jasa kontraktor rumah atau mandor tukang?