Problem Masalah Transmisi Matic dan Biayanya

Memilih mobil idaman perlu juga perhatikan sistem transmisinya manual ataupun matic, perbaikan transmisi matic pastilah lebih mahal dan merepotkan. Namun bagi beberapa orang, masalah yang terjadi pada mobil matic memang lebih banyak setelah lebih dari lima tahun pemakai. Masalah transmisi matic akan sangat berbeda pada sistem transmisi manual.

Namun dengan melakukan perawatan rutin, mobil matic tetap dapat memiliki peforma yang maksimal. Selain itu, dengan adanya perawatan rutin anda bisa mengetahui jika terjadi kerusakan pada mobil matic anda. Sehingga nantinya masalah yang ada bisa segera diperbaiki. Nah berikut ini ada beberapa Masalah Transmisi Matic yang seringkali terjadi.

1. Mobil Jalan TerHentak Saat Perpindahan Gigi

Mobil matic keluaran terbaru saat ini biasanya sudah dibekali dengan sistem perpindahan gigi yang cukup halus, namun jika perpindahan ini masih dirasa sedikit kurang halus maka hal tersebut wajar saja terjadi. Akan tetapi jika saat perpindahan gigi awal terasa sebuah hentakan bahkan membuat mobil seakan terdorong secara tiba-tiba, maka tentunya hal tersebut perlu diwaspadai. Hal ini menandakan jika terjadi masalah pada sistem transmisi mobil matic. Kerusakan ini biasanya dikarenakan masalah pada sistem mekanis ataupun pada sistem elektronis. Anda dapat memeriksanya dengan menggunakan socket OBD yang ada pada engine scanner.

2. Getaran Berlebihan Pada Mobil

Getaran pada kendaraan dapat dikatakan sebagai sebuah hal yang normal dikarenakan mesin mobil yang bekerja. Namun jika getaran yang ada malah terasa menganggu, maka hal tersebut bisa jadi dikarenakan masalah pada sistem transmisi mobil. Selain itu getaran tersebut juga bisa dikarenakan masalah pada kampas kopling yang sudah mulai aus. Sehingga menimbulkan adanya gesekan yang terjadi di amplas kopling. Hal ini yang membuat terjadinya getaran saat mobil dikendarai.

3. Tarikan Mobil Berat bahkan Kadang Tersendat

Terkadang mesin dapat bergetar bahkan menghentak saat pedal gas sedang diinjak serta pedal rem yang dilepas perlahan. Jika kondisi seperti tersebut, maka mungkin terdapat 2 kerusakan yang terjadi. Pertama jika transmisi matic dengan jenis elektrik mungkin terdapat kerusakan pada bagian solenoid pressure (TCM Speed Sensor). Masalah kedua adalah pada jenis transmisi otmatis konvensional, biasanya dikarenakan kebocoran pada oli mesin ataupun oli mesin dalam keadaan kotor dan lama tidak diganti sehingga menjadi menyebabkan tekanan yang mana akhirnya tidak mampu mengangkat perpindahan gigi yang terjadi pada putaran mesin.

4. Sulit Menggunakan Gigi Mundur

Bila mesin mengalami kerusakan yang cukup parah, maka masalah yang dapat terjadi akan jauh lebih banyak. Salah satu kerusakan yang sering terjadi pada mobil matic adalah susah ketika menggunakan gigi mundur. Biasanya ini terjadi karena kerusakan yang ada pada sistem mekanis transmisi otomatis yang mana dapat menimbulkan kerusakan pada tuas gigi mundur.

5. Tuas Gigi Sulit Bahkan Tidak Bisa Dipindahkan
Kerusakan seperti ini biasanya terjadi ketika switch yang ada pada sistem transmisi otomatis mobil mengalami kerusakan. Hal ini terkadang membuat posisi tuas gigi menjadi tersangkut dan bahkan tidak dapat dipindahkan dari mode perking. Meski setelah beberapa kali akhirnya dapat dipindahkan namun jika masalah ini tidak langsung diperbaiki maka tentu saja membuat kondisi hanya semakin parah saja.

6. Terjadi Slip Atau Ngelos Pada Transmisi

Masalah lainnya yang sering terjadi pada mobil matic adalah terjadinya slip atau ngelos yang aman dikarenakan gearbox planetary gear set atau yang dikenal dengan transmisi otomatis berjenis step AT. Biasanya masalah ini terjadi saat perpindahan dari gigi 1 ke gigi 2. Jenis mobil ini memang seringkali terjadi slip atau ngelos saat mulai berjalan. Untuk melihat apakah mobil matic anda mengalami slip atau ngelos, anda bisa mencoba menjalankan mobil dengan posisi tuas di D dan kemudian menginjak pedal gas. Pada saat perpindahan gigi terjadi, mobil akan terasa seperti mengayun. Namun bila terjadi slip atau ngelos maka akan membuat perpindahan gigi tidak berjalan dengan baik pada saat perpindahan gigi 1 ke gigi 2 yang membuat mobil kehilangan power serta adanya suara raungan pada mesin.

7. Mobil Tidak Kuat Saat Menanjak

Ciri mobil matic bermasalah lainnya adalah mobil yang tidak kuat digunakan saat jalanan tanjakan. Meskipun tuas transmisi sudah berpindah pada posisi L atau 1, bahkan pedal gas sudah terinjak dalam-dalam tetap saja mobil tidak kuat saat berjalan ke tanjakan.

8. Gigi Tidak Dapat Berpindah Mesin Meraung

Tidak hanya tuas gigi saja yang bermasalah, gigi pada sistem transmisi juga dapat bermasalah seperti tidak dapat dipindah-pindahkan. Kerusakan ini biasanya terjadi pada tuas yang dapat dipindahkan namun gigi transmisi tidak dapat berpindah. Gejala kerusakan seperti ini biasanya terjadi dikarenakan kabel gearbox yang terkelupas bahkan putus.

9. Konsumsi Bahan Bakar Jadi Lebih Boros

Hal ini memang sangat umum terjadi pada mobil matic, hal ini biasanya dikarenakan torsi pada mesin tidak dapat tersalurkan dengan maksimal menuju roda sehingga dibutuhkan putaran mesin yang lebih sehingga membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros.

10. Perpindahan Transmisi TerKkadang Tersendat

Jika kondisi ini sudah terjadi pada mobil anda, mungkin sja gangguan tersebut terjadi pada mekanikal transmisi. Jika kondisi ini terus menerus dibiarkan begitu saja, maka tentu saja membuat kondisi kerusakan mobil makin parah serta gigi transmisi akan terkunci. Tentu saja hal ini akan sangat bahaya karena sering terjadi pada transmisi mundur (R). Anda bisa mencoba mengecek pada kabel gearbox, apakah mengalami pengelupasan atau tidak.

11. Laju Mobil Seperti Tertahan

Saat mobil sedang berjalan dan kemudian anda melepaskan pedal gas, maka secara otomatis kecepatan mobil akan perlahan berkurang. Namun jika mobil matic mengalami masalah, hal ini tentunya membuat mobil menjadi tersendat terlebih dahulu baru kemudian dapat berjalan seperti biasanya.

12. Mobil Berjalan Tersangkut Pada Gigi Yang Paling Atas

Ciri ciri lainnya dari mobil matic yang bermasalah biasanya pada sistem transmisi yang tidak dapat bergerak dari gigi yang paling tinggi, tidak dapat naik atau turun seakan tersangkut pada gigi yang palung atas. Hal ini biasanya dikarenakan fitur TCM yang ada pada sistem transmisi terdapat kerusakan pada sensor yang menyebabkan semua bagian dari sistem TCM mengirim perintah agar sisten transmisi tetap berada di posisi netral. Jika kondisi ini terjadi maka anda dapat melihat sinyal engine check yang ada pada instrumen panel. Untuk mengatasinya maka segeralah bawa mobil anda ke bengkel terdekat.

13. Suara Janggal Saat Berpindah Transmisi

Kerusakan yang sering terjadi pada mobil matic adalah adanya suara suara janggal yang terjadi saat sistem transmisi dipindahkan, misal dari P ke R atau dari N ke D. Suara janggal ini bisa dikarenakan adanya kerusakan pada sistem transmisi otomatis pada mobil anda.

14. Terasa Ada Bau Oli Terbakar Dari Rumah Transmisi

Bila anda mencium bau oli terbakar pada mobil matic anda, maka hal tersebut bisa terjadi dikarenakan sistem transmisi yang mengalami overheating yang akhirnya menyebabkan terjadinya pengurangan pada volume pelumas transmisi. Hal ini biasanya dikarenakan terjadi kebocoran atau mungkin kondisi pelumas yang memang sudah kotor.

15. Kebocoran Pada Cairan Sistem Transmisi

Masalah Transmisi Matic lainnya adalah ketika terjadi kebocoran pada cairan transmisi. Perlu anda ketahui, cairan transmisi merupakan hal penting pada mobil matic karena berkaitan dengan kemampuan pada pertukaran gear. Sehingga jika terjadi kebocoran pada cairan transmisi maka akan menimbulkan masalah yang cukup serius pada mobil anda.

16. Adanya Suara Keras Transmisi Saat Posisi Netral

Jika anda mendengar suara keras saat posisi mobil dalam keadaan netral, maka hal ini dapat menandakan jika kondisi mobil matic anda bermasalah. Hal ini dikarenakan keausan yang terjadi pada bearing bearing, terutama pada bagian input shaft. (baca juga: Cara Menyetel Kopling Mobil)

17. Mobil Tidak Responsif

Jika mobil matic anda mengeluarkan suara raungan saat menginjak pedal gas namun jalannya mobil tidak seperti biasanya maka bisa jadik ini dikarenakan plat kopling yang memang sudah tipis sehingga membuat kinerja dari body valve menjadi melemah.

Nah itu tadi beberapa Masalah Transmisi Matic yang seringkali terjadi. Jika hal tersebut terjadi pada mobil matic anda, maka akan lebih baik untuk segera membawa ke bengkel terdekat. Jangan hanya membiarkannya saja yang menyebabkan kondisi semakin parah.