Suzuki Karimun Generasi Wagon Perkotaan

Suzuki Wagon R  adalah penerus generasi Suzuki Karimun yang berbasis citycar. Didaftarakan sebagai salah satu mobil LCGC dengan nama Suzuki karimun Wagon R mengusung konsep yang sama dengan Suzuki Karimun yang sudah dipasarkan di Indonesia sejak 1998, yakni interior lega, praktis, irit, dan harga terjangkau.

Tampilannya dinamis dengan grill yang kuat dan headlamp besar. Wagon R memiliki sudut-sudut yang tegas, kursi baris kedua agak tinggi, lantai kabin relatif rendah, ruang bagasi pintu lebar dan dapat diperluas dengan melipat kursi belakang.

Mobil ini juga dilengkapi dengan laci tersembunyi di kursi penumpang dan tempat minuman hingga ukuran 600 ml.

Karimun Wagon R dipersenjatai dengan mesin K10B bertenaga maksimum 68 PS dan diklaim mampu menempuh jarak 20,5 km per liter bensin.

Kemudian apakah Suzuki Karimun Wagon R ini dibuat berbeda dengan versi Suzuki Wagon R yang ada di Jepang?

Tokio Matsui, Chief Engineering Line 1 Department Suzuki Motor Corp (SMC) harus datang jauh-jauh dari Jepang ke Indonesia untuk menjelaskan bahwa tidak ada perbedaan dominan antara Suzuki Wagon R di Jepang dengan Indonesia.

Menurutnya, hanya ada tiga hal yang terasa berbeda. Pertama, pengaturan suspensi. “Suspensi perlu dibuat berbeda karena kondisi jalan di Indonesia sangat jauh berbeda dengan kondisi jalan di Jepang,” jelas dia.

Kedua, pengaturan tune up mesin. Di mana mesin yang ada di Suzuki Karimun Wagon R yakni mesin K10B diatur khusus menyesuaikan dengan kondisi jalan di Indonesia yang membutuhkan tenaga yang baik. “Indonesia menyukai mesin dengan tenaga yang baik. Kami tune up mesin ini agar sesuai dengan kondisi jalan di Indonesia,” tegannya.

Terakhir masalah komponen. Seperti diketahui produk LCGC memang memiliki komponen lokal yang tinggi. Jadi jelas perbedaan tersebut sudah pasti terasa. “Hanya saja Indonesia mengirimkan komponen lokal itu ke Jepang terlebih dulu untuk kami uji kualitasnya,” ujar Tokio.

Diketahui Suzuki Wagon R di Jepang menggunakan mesin R06A. Mesin ini dibekali dengan dua pilihan kapasitas silinder yakni 660 cc dan 1.300 cc untuk Suzuki Wagon R +.