Beauty

Tabir Surya: Kesalahan Penggunaan Yang Merusak Kesehatan Kulit Anda

Produk skincare telah menjadi bagian penting dari rutinitas kecantikan banyak orang. Di antara produk-produk tersebut, salah satu yang tidak boleh dilewatkan adalah tabir surya atau sunscreen. Keberadaan tabir surya bukan tanpa alasan, karena produk ini memiliki segudang manfaat penting untuk menjaga kesehatan kulit. Beberapa manfaat utama termasuk mencegah penuaan dini, melindungi kulit dari dampak buruk sinar matahari, mencegah munculnya jerawat dan komedo, serta memberikan kulit kilau yang sehat.

Sayangnya, masih banyak orang yang sering melakukan kesalahan dalam penggunaan tabir surya, yang akhirnya mengurangi efektivitas perlindungannya terhadap kulit. Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa kesalahan umum yang sering dilakukan saat menggunakan tabir surya dan bagaimana cara menghindarinya.

1. Menggunakan tabir surya Terlalu Sedikit

Salah satu kesalahan terbesar yang sering terjadi adalah penggunaan tabir surya dalam jumlah yang kurang cukup. Menurut American Academy of Dermatology (AAD), banyak orang hanya menggunakan sekitar 25-50 persen dari jumlah tabir surya yang disarankan. Hal ini dapat mengurangi tingkat perlindungan yang diberikan oleh tabir surya.

Untuk menghindari kesalahan ini, Anda sebaiknya mengoleskan tabir surya dalam jumlah yang cukup pada wajah dan area tubuh yang tidak tertutup pakaian. AAD merekomendasikan penggunaan sekitar 28 gram (sekitar satu ons) tabir surya pada tubuh saat berada di bawah sinar matahari yang terik. Selain itu, aplikasikan tabir surya sekitar 15 menit sebelum Anda keluar rumah, dan ulangi penggunaan setiap dua jam ketika berada di luar ruangan atau setelah berenang atau berkeringat.

2. Hanya Menggunakan tabir surya saat Cuaca Panas

Ada anggapan umum bahwa tabir surya hanya perlu digunakan ketika cuaca sedang panas atau cerah. Namun, ini adalah salah besar. Menurut AAD, sinar UV berbahaya dapat tetap ada sepanjang tahun, bahkan pada hari berawan. Bahkan hingga 80 persen sinar UV dapat menembus kulit pada hari-hari seperti itu.

Oleh karena itu, penting untuk menggunakan tabir surya setiap kali Anda berada di luar ruangan, tidak peduli seberapa cerah atau sejuk cuacanya. Ini akan membantu melindungi kulit Anda dari kerusakan akibat paparan sinar matahari yang terus-menerus.

3. Tidak Memilih tabir surya yang Sesuai dengan Kebutuhan Kulit

Kesalahan lain yang sering dilakukan adalah tidak memilih tabir surya yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Saat ini, ada berbagai jenis tabir surya yang dikembangkan untuk berbagai jenis kulit.

Jika Anda memiliki kulit berminyak, sebaiknya pilih tabir surya dalam bentuk lotion, gel, atau spray yang ringan dan tidak akan membuat kulit terasa lengket. Sementara jika Anda memiliki kulit kering, pilih tabir surya dengan kandungan pelembap dan tekstur lotion, krim, atau salep yang lebih kaya.

Penting untuk memilih tabir surya yang sesuai dengan tipe kulit Anda karena penggunaan yang tidak tepat dapat menyebabkan masalah kulit seperti iritasi, kemerahan, gatal, atau kulit menjadi kusam.

Dalam menjaga kesehatan kulit Anda, penggunaan tabir surya adalah langkah penting. Dengan menghindari kesalahan-kesalahan umum ini dan memilih produk yang tepat, Anda dapat memastikan bahwa kulit Anda tetap sehat dan terlindungi dari kerusakan akibat sinar matahari. Ingatlah untuk selalu mengutamakan kesehatan kulit Anda dan mengintegrasikan tabir surya ke dalam rutinitas perawatan kulit Anda sehari-hari.

Related Articles

Back to top button